Chanel Youtube


MPLS Membentuk Siswa yang siap untuk Belajar dan Membangun Mental Pelajar Pancasila



Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS): Pentingkah untuk Siswa Baru SD?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang lazim diadakan di sekolah-sekolah di Indonesia, termasuk untuk siswa baru tingkat SD. Tujuan utama MPLS adalah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, mengenal teman baru, dan memahami budaya serta norma sekolah.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, MPLS menuai berbagai pro dan kontra. Ada yang berpendapat bahwa MPLS sangat bermanfaat bagi siswa baru, namun ada juga yang mengkritiknya karena dianggap tidak efektif dan bahkan dapat menimbulkan trauma bagi siswa.

Manfaat MPLS bagi Siswa Baru SD:

  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Bagi siswa baru SD, lingkungan sekolah mungkin terasa asing dan membingungkan. MPLS dapat membantu mereka untuk mengenal berbagai ruangan di sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, toilet, dan lapangan.
  • Membangun rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara siswa baru. Melalui berbagai kegiatan MPLS, siswa baru dapat saling mengenal satu sama lain dan membangun pertemanan baru. Hal ini dapat membantu mereka untuk merasa lebih nyaman dan betah di sekolah.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa. MPLS dapat memberikan gambaran kepada siswa baru tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah dan menumbuhkan rasa ingin tahu mereka untuk belajar.
  • Menanamkan nilai-nilai positif pada siswa. MPLS dapat menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai positif pada siswa, seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.

Kekhawatiran Terkait MPLS:

  • Kegiatan MPLS yang tidak edukatif dan penuh perpeloncoan. Beberapa sekolah masih menerapkan kegiatan MPLS yang tidak edukatif dan bahkan mengarah pada perpeloncoan. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan trauma bagi siswa baru.
  • Beban mental bagi siswa baru. MPLS yang padat dan penuh dengan kegiatan yang melelahkan dapat menjadi beban mental bagi siswa baru.
  • Ketidakcocokan materi MPLS dengan kebutuhan siswa. Terkadang, materi MPLS tidak sesuai dengan kebutuhan siswa baru, sehingga kurang bermanfaat bagi mereka.

Tips Menyelenggarakan MPLS yang Efektif dan Bermanfaat:

  • Libatkan siswa baru dalam proses perencanaan MPLS. Hal ini dapat membantu mereka untuk merasa lebih dihargai dan terlibat dalam kegiatan sekolah.
  • Buatlah kegiatan MPLS yang edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Hindari kegiatan yang monoton dan penuh dengan perpeloncoan.
  • Perhatikan kondisi mental dan fisik siswa baru. Jangan paksakan mereka untuk mengikuti kegiatan yang melelahkan.
  • Sediakan waktu untuk orientasi dan pengenalan sekolah. Pastikan siswa baru memahami lingkungan sekolah dengan baik.
  • Libatkan orang tua dalam kegiatan MPLS. Orang tua dapat membantu anak mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Kesimpulan:

MPLS dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi siswa baru SD jika dilakukan dengan tepat. Sekolah perlu menyelenggarakan MPLS yang edukatif, kreatif, dan menyenangkan, serta memperhatikan kondisi mental dan fisik siswa baru. Orang tua juga perlu dilibatkan dalam kegiatan MPLS untuk membantu anak mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah MPLS harus menjadi pengalaman yang positif bagi siswa baru sehingga mereka dapat memulai tahun ajaran baru dengan penuh semangat dan motivasi.

Link Download Juknis MPLS 2024 ( Download )

Penulis : noerpri
(Guru PAI SD Kartika IV-7)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url